Biaya Pasang Behel Di FKG UGM Untuk Pasien Gigi Tidak Teratur

Biaya Pasang Behel Di FKG UGM Untuk Pasien Gigi Tidak Teratur


Pengalaman Pasang Behel Di FKG UGM akan saya bahas di artikel ini, tetapi sebelumnya monyoku akan bercerita alkisah ada monster yang memiliki gigi yang besar-besar namun dengan rahang yang kecil membuat pertumbuhan gigi tidak teratur.

 

Itu dapat mempengaruhi kesehatan, bukan masalah kenyamanan saja tetapi kesehatan juga sangat penting untuk masalah ini. Berbekal mencari pengalaman yang pernah memasang behel atau kawat gigi saya. Terimakasih sudah berbagi pengalamanya sehingga membuat saya juga ingin merapikan gigi saya di residen.

 

Semalam saya sudah janjian dengan teman saya untuk pergi ke RSGM karena ini pertama kalinya sehingga saya minta ditemani. Teman saya sudah sering ke RSGM untuk mengantar ibunya tetapi dia menyarankan saya datang lebih awal ke RSGM karena akan ada pendaftaran pasien baru yang berbeda agar tidak terlalu panjang antriannya dia menyarankan datang lebih awal.

 

Biaya Pasang Behel Di FKG UGM

Pada pukul 07.31 WIB (kurang lebih ya saya tidak mencatat pastinya) saya tiba di RSGM dan mengikuti petunjuk yang sudah ada. Ada dua petunjuk jadi tidak akan kesasar, kalau beruntung ada mbak-mbak atau mas-mas koas tanya saja mungkin kamu bisa sekalian modus eh*.

 

Layaknya agen pengintai 007, saya langsung duduk di belakang tembok di ruang tunggu antrian pendaftaran. Saya mengamati keadaan sekitar untuk mengetahui bagaimana dan dimana mengambil antrian haha… Jadi pendaftaran pasien ada dua pertama pasien baru dan kedua pasien lama. Untuk pasien baru sedikit lebih panjang alurnya. 

 

Foto diatas terlihat ada mbak-mbak berkerudung biru, terlihat? nah disitu tempat untuk mengambil formulir pendaftaran paisen baru dan pasien lama tapi sebelumnya ambil nomor antrian yang ada di sebelah kanan.

 

Kertas warna putih adalah formulir pendaftaran pasien baru, untuk warna biru kartu pasien, warna merah nomor antrian. Setelah semuanya terisi duduk lagi di depan tv led yang tersedia di ruang tunggu antrian pendaftaran ya.

 

Tiba-tiba sudah dipanggil satu persatu, Karena nomor antrian saya no. 4 cepat dipanggil di situ saya ditanya mau ngapain? pasang behel (kawat gigi) mau dengan residen atau dokter spesialis? saya jawab residen. Sudah ada janji sebelumnya> belum ada mbak, Biaya pendaftaran Rp10.000 ya. Baik silahkan tunggu di panggil lagi ya.

 

Pengalaman Pasang Behel Di FKG UGM

Tiba giliran saya dipanggil di Ruang 1. Saya ditanya banyak pertanyaan, saya jawab seadanya. Mas mau pasang kawat gigi? iya dok. Saya periksa giginya dulu buka mulutnya. Disorot senter gigi saya seperti mencari sesuatu dan DOR!

 

Dokternya bilang gigi saya ada yang belum tumbuh kemungkinan giginya tumbuh miring jadi harus di operasi. Terkadang bahasa dokter membuat saya gagal paham, “Tindakan dokter mencabut gigi saja sudah bisa dikatakan operasi” kata teman saya melalui pesan Whatsapp.

 

Bayangan saya waktu di tanya-tanya waktu itu operasi yang besar memerlukan banyak peralatan yang mengerikan eh*. Hari ini belum ada tindakan yang dilakukan oleh dokter kepada gigi-gigi saya. Karena saya mahasiswa tingkat akhir yang akan segera lulus, Amin!

 

Saya ditanya juga masih berapa lama di jogja karena perawatan dibutuhkan waktu 2 sampai 2,5 tahun. Saya jawab masih 2 tahun di jogja sebenernya masih ada rencana melanjutkan kuliah. Mungkin masih sekitar 3 sampai 4 tahun lagi. Setelah itu saya diminta menunggu di panggil lagi.

Akhirnya saya kembali lagi di ruang tunggu pasien, tempatnya nyaman bisa nonton spongebob dan disediakan air mineral dalam galon. Sofanya juga nyaman mempuk-empuk anget kalo lama-lama buat duduk haha…. eits… ini cerita pengalaman pasang behel atau sedang review ruangan ya?

 

Balik lagi ke cerita saya masuk ruangan yang disekat-sekat dan diminta duduk oleh dokter cantik yang sedang jaga tetapi dokter ini bukan berarti yang merawat saya ya. Setelah itu saya diberikan penjelasan terkait perkawatan.

 

Sama dengan dokter sebelumnya pertanyaan diajukan kepada saya yang berbeda dokter ini menjelaskan permasalahan yang dihadapi dokter residen contohnya ada beberapa calon pasien yang tidak bekerja sama dengan dokter residen sehingga memperlama atau menghambat proses pemasangan behel.

 

Misal, ada calon pasien yang sudah dijelaskan bahwa akan banyak kemungkinan yang dilakukan dengan gigi-gigi pasien (pencabutan / pembedahan) jadi ada pasien yang tidak jadi pasang karena tidak mau di cabut giginya ya hal-hal semacam itu yang membuat proses pemasangan menjadi lama. Satu lagi dokter menjelaskan terkait jenis behel ada dua variasi harga 3 juta dan 4 juta.

 

Tidak dijelaskan begitu lengkap tentang behel tersebut dan saya pun tidak bertanya. Sembari tanya jawab dengan dokter saya mengisi sebuah daftar tunggu ada nama, alamat, nomor handphone. Setelah itu dokter memberikan rujukan kepada saya untuk melakukan rontgent gigi ke Laboratorium Klinik PRAMITA. Oia saya dapat diskon loh karena pasien rujukan dari RSGM jadi sedikit hemat nih.. Terimakasih ya dok.


Biaya Pasang Behel Di Klinik PRAMITA

Saya langsung menuju klinik PRAMITA untuk melakukan pemeriksaan Panoramicdan Cephalomerty Lat. Kurang lebih 30 menit saya selesai pemeriksaan dan menunggu hingga hasil rontgent jadi pukul 10.00 WIB sudah selesai. Dokter cantik sebelumnya mengatakan kalau hasil rontgent bisa dititipkan ke RSGM atau dibawa pasien dan saat ada panggilan oleh dokter residen dibawa.

 

Nah, karena jarak rumah ke RSGM tidak cukup jauh maka saya bawa pulang dan melihat-lihat dirumah hasilnya canggih juga ya bisa kelihatan gigi yang tenggelam di gusi jadi di hitung-hitung gigi yang saya miliki waktu di rontgent ada 32 gigi haha… 

Eh sampai lupa tadi itu hasil rontgent yang ditinggal untuk kasus yang rumahnya jauh dari Yogyakarta kata dokternya. Oke cerita Chapter I selesai tinggal menunggu kabar dari dokter yang akan merawat gigi saya dari awal hingga sehat ke bentuk yang sehat eh haha. Saya berikan rincian biaya pengeluaran pada kisah pertama. Sebagai berikut:


Biaya Pasang Behel Di FKG UGM Chapter I

  • Pendaftaran Pasien Baru RSGM = Rp.10.000
  • Pemeriksaan (rontgent gigi) Panoramic dan Cephalometry Lat = Rp.506.000 Diskon Rp.101,200 Jadi saya membayar Rp.404,500 (pembulatan)
  • Total Biaya Pasang Behel Chapter I = Rp.414,500


Biaya yang saya tuliskan bisa saja berubah sewaktu-waktu seperti harga cabai yang kadang naik kadang naik banget jadi bisa di kira-kira ya.


Pengalaman Pasang Behel Di RSGM Prof. Soedomo FKG UGM

“Tet totet teretet tete teot tot, Tet totet teretet tete teot tot” bunyi pesan singkat dari handphone saya. Klik saya baca eh ternyata dari dokter residen ortho yang akan menangani saya. Begini kurang lebih isi pesannya. Mau tahu  isinya?

 Selamat sore, monyoku. saya drg kaneki bukan nama sebenarnya residen ortodonti dari fkg ugm menginformasikan mas monyo akan perawatan orto oleh saya. Kira-kira ada waktu kapan untuk saya cek kondisi giginya ? dan sekalian dijelaskan prosedur perawatanya. Terimakasih.

 Nah, akhirnya saya membalas kapan saya bisa ke RSGM untuk dilakukan pengecekan gigi saya yang amburadul ini.

Saya sudah sampai di RSGM kurang dari waktu janjian dengan dokter. Usahakan tepat waktu ya karena waktu itu sangat berharga bagi dokter dan kita sendiri kalau kita karet kasihan dokternya yang harus menunggu. Dan jangan lupa bawa kartu pasien warna biru serta hasil rontgent kalau belum dititipkan.

 

 Langkah berikutnya beritahu dokter kalau sudah di lokasi dan mendaftar pasien lama. Akhirnya saya bertemu dengan drg kaneki juga. Saya di ajak ke lantai 3 untuk di lakukan pengecekan gigi. Dan dilakukan cetak gigi menggunakan bahan seperti permen karet berwarna merah mudah.

 

Mulut penuh sesak dengan adonan tersebut. Saya dijelaskan beberapa hal yang tidak didapatkan dengan dokter cantik di chapter I. Sebelum dilakukan perawatan orto saya harus scaling nah udah tahu belum apa itu scaling? Scaling adalah istilah untuk membersikan karang gigi atau caries.

 

Kalau mau murah bisa baca artikel Pengalaman Scaling di Puskesmas. Dokter menawarkan scaling (membersihkan karang gigi) di klinik Anteiku bukan nama klinik sebenarnya.


Setelah dilakukan pemeriksaan dan cetak gigi langkah selanjutnya menunggu dokter residen untuk konsultasi dengan dosen. Tahap ini kita menunggu lagi ya, tetap sabar nanti dikabari lagi oleh dokternya.

Sebelumnya saya sudah janjian dengan dokter untuk scaling gigi di klinik Anteiku. Akhirnya saya sampai dan tempatnya nyaman ada tv cabel bisa nonton one peace loh hahaha… Dokter melakukan perawatan scaling RA+RB di kwitansi tulisnya begitu perkiraan saya rahang atas rahang bawah haha ilmu kira-kira mulai muncul.

Pelayanan Melakukan Shift Skecth di RSGM

Dapat uang baru pecahan Rp.50,000 dari kembalian untuk pelayanan melakukan shift skecth di RSGM nah, apa itu shift skecth jadi yang saya rasakan seperti rontgent gigi hanya saja cakupanya kecil hanya untuk satu gigi. Hal ini dilakukan karena dokter ingin mengetahui sepertinya akan menjadi gigi yang menganggu atau tidak untuk kedepannya.

 

Nah, hasilnya tidak dan dokter bilang satu gigi yang terlihat di hasil rontgent dari Lab PRAMITA tidak perlu di cabut. Setelah selesai shift skecth dokter mengobrol sebentar terikait hasil konsultasi dengan dosen.

 

Jadi gigi saya harus di cabut 6 gigi. Wah, matab sekali haha… 2 gigi adalah gigi graham bungsu yang tertanam di gusi dan 4 gigi untuk ruang agar gigi yang terlalu maju bisa mundur. Kebanyakan cerita teman-teman saya memang biasanya cabut 4 karena saya tidak biasa harus cabut 6 gigi.

Dokter membebaskan saya untuk cabut gigi yang mana terlebih dahulu. Saya memilih cabut yang 4 gigi setelah sembuh lukanya bisa di pasang behel dan untuk yang 2 gigi yang harus di beda itu….. bisa setelah berjalan perwawatan sampai saya siap wkwkwk…. Singkat kata saya sudah cabut gigi 4 di klinik Anteiku dan cabut gigi itu tidak sakit kok, cuma setelah itu sedikit nyeri hihihi…


Tunggu sembuh dulu luka yang sudah tergores *eh, Sembari menunggu saya akan berikan rincia biaya pada pengalaman pasang behel chapter II, sebagai berikut:


Biaya Pasang Behel Di FKG UGM Chapter II

  • Pendaftaran Pasien Lama RSGM = Rp.3.000
  • Cetak gigi = Rp.75.000
  • Scaling RA+RB = Rp.2.215.000 Shift skecth = Rp.24.000
  • Cabut gigi = 4 x Rp.150.000 = Rp.600.000
  • Total Biaya Pasang Behel Chapter II = Rp.877.000


Biaya yang saya tuliskan bisa saja berubah sewaktu-waktu seperti harga minyak dunia yang kadang naik  dan kadang naik banget jadi bisa di kira-kira ya.

Pengalaman Pasang Behel Di RSGM Prof. Soedomo FKG UGM Chapter III

Seminggu sebelum pemasangan dokter mengingatkan untuk membayar dp satu hari sebelum pemasangan yang sudah di tentukan pada Jum’at 28 April 202021. Hal ini dilakukan agar waktu hari h pemasangan behel dokter sudah bisa mengambil bahan-bahan untuk pemasangan.

 

Biaya Pasang Behel Di FKG UGM Chapter III

Sekitar pukul 09.10 WIB saya sudah tiba di RSGM dan menghubungi dokter kalau saya sudaj sampai. Setibanya di sana saya membayar DP untuk pemasangan behel sebesar Rp.2.000.000. Hari ini cukup membayar dp saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.