Harga Perawatan Saluran Akar Gigi oleh Dokter Gigi Spesialis

Harga Perawatan Saluran Akar Gigi oleh Dokter Gigi Spesialis


Pada saat kamu Perawatan Saluran Akar Gigi, keropos atau patah tentu saja kondisi seperti itu memerlukan tindakan tambal atau restorasi. Pada kasus-kasus yang berat tindakan ini tidak dapat dilakukan begitu saja tanpa melewati tahap perawatan akar terlebih dahulu. Apabila langkah tindakan ini dilewati tentu saja akan menimbulkan masalah baru dikemudian hari.

 

Berbeda dengan kasus ringan seperti gigi berlubang kecil atau baru sebatas menghitam sebagian kecil saja kamu memang cukup mengatasinya dengan cara melakukan tambal komposit di dokter gigi umum. Jika lubang gigi besar dan dikategorikan sebagai kasus berat tentu saja tahap pertama yang harus dilakukan adalah perawatan Saluran Akar Gigi dan sebaiknya memilih spesialis konservasi gigi.

 

Harga Perawatan Saluran Akar Gigi

Harga Perawatan Saluran Akardihitung per kunjungan tergantung jumlah saluran. Untuk mengetahui berapa biaya yang diperlukan kamu perlu datang terlebih dahulu untuk dilakukan tahap pemeriksaan.

 

Tindakan Perawatan Saluran Akar hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi. Pada kasus yang tergolong berat bahkan hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis konservasi. Berikut ini adalah daftar harga Perawatan Saluran Akar:

 

Harga Normal

Harga Promo

Per Saluran Rp. 200.000-300.000

Biasanya diperlukan 3x Visit

 

Apa Saja Yang Tidak Dibolehkan Saat Perawatan Saluran Akar 

Jangan minum obat penghilang rasa sakit tepat sebelum jadwal perawatan akar. Hal ini penting karena dokter perlu mengatahui  dimana tepatnya letak nyeri gigi yang kamu alami. Jika rasa sakitnya tidak tertahankan dan kamu memerlukan obat penenang, kamu bisa meminum obat analgesik non-narkotik seperti parasetamol atau ibuprofen beberapa jam sebelum dan sesudah perawatan.

 

Tidak boleh merokok dan meminum alkohol, hal ini dikarenakan merokok dan minum alkohol dapat memperlambat waktu penyembuhan dan mungkin menyebabkan komplikasi. Selain itu kondisi mabuk bisa membuat rasa tidak nyaman selama tindakan dan mengharuskan prosedur semakin berlipat ganda.

 

Sebelum menjawab pertanyaan anda kami ingin menjelaskan sedikit tentang perawatan gigi menggunakan BPJS. Perawatan gigi memang bisa dilakukan menggunakan BPJS atau sekarang kartu KIS.

 

Jenis Perawatan Gigi Yang Bisa Menggunakan BPJS/KIS

  1. Administrasi pelayanan terdiri atas biaya pendaftaran pasien dan biaya administrasi lain yang terjadi selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien
  2. Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis
  3. Pre-medikasi
  4. Kegawatdaruratan ortodental
  5. Pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi)
  6. Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit
  7. Obat pasca ekstraksi
  8. Tumpatan/tambalan komposit / GIC
  9. Scalling gigi (pembersihan karang gigi)

 

Layanan Kesehatan Yang Ditanggung oleh BPJS

Perlu anda ingat urutannya bahwa peserta BPJS yang ingin berobat guna mendapatkan layanan kesehatan yang ditanggung oleh BPJS maka fasilitas kesehatan yang pertama kali harus dikunjungi adalah fasilitas kesehatan tingkat 1, jika di faskes tingkat 1, tidak memungkinkan untuk dilayani (seperti kasus anda saat ini) maka dokter faskes tingkat 1 akan merujuk ke faskes tingkat 2. Jadi sebaiknya anda minta rujukan dari puskesmas tersebut.

 

Jika di faskes tingkat 2 masih tidak memungkinkan untuk dilayani karena sarana dan prasarana kurang memadai maka dokter faskes tingkat 2 akan merujuk ke fasilitas kesehatan tingkat 3. 

 

Untuk perawatan saraf gigi yang ingin anda lakukan di faskes 3 lebih baik anda mengecek terlebih dahulu, apakah di faskes tersebut memiliki peralatan yang memadai untuk perawatan saraf gigi dan apakah perawatan saraf gigi termasuk yang ditanggung BPJS atau memerlukan biaya tambahan.

 

Perawatan Saraf Gigi Di Rumah Sakit Gigi & Mulut

Selain itu sebagai alternative, anda dapat mencari informasi mengenai perawatan saraf gigi di Rumah Sakit Gigi & Mulut yang dimiliki oleh Fakultas Kedokteran Gigi di suatu Universitas. Karena disana biasanya harganya lebih terjangkau karena perawatan dilakukan oleh dokter muda, namun masih dalam pengawasan dokter gigi.

 

Biaya Perawatan Saluran Akar Gigi Di Klinik Swasta

Sebagai gambaran untuk biaya perawatan Saluran Akar Gigi di klinik swasta daerah Jakarta Selatan sekitar Rp. 500.000 per kunjungan, biasanya dibutuhkan 4-5 kali kunjungan, biaya penambalan gigi Rp. 500.000-800.000 per gigi. Atau biaya perawatan Saluran Akar Gigi dalam bentuk paket perawatan dari awal sampai selesai mulai dari 2,5 – 3,5 jt. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.