Harga Retainer Gigi Lepas Pasang Klinik Gigi dan Rumah Sakit

Harga Retainer Gigi Lepas Pasang Klinik Gigi dan Rumah Sakit


Harga Retainer Gigi Lepas Pasang Artinya, alat ini juga bersentuhan dengan bakteri, plak, hingga sisa makanan yang ada di dalam mulut. Jika tidak rutin dibersihkan, alat ini bisa jadi sarang bakteri. Cara membersihkannya bisa berbeda, tergantung dari jenis yang digunakan.

 

Cara membersihkan retainer hawley

Untuk membersihkan retainer hawley, Anda bisa menggunakan sikat dan pasta gigi biasa. Cukup gosok perlahan bagian kawat dan plat akriliknya, lalu Anda bisa menyimpannya di dalam wadah khusus yang tertutup agar alat tersebut tidak mudah dihinggapi kotoran dan debu.

 

Cara membersihkan retainer plastik

Sementara pada retainer yang terbuat dari plastik, cara membersihkannya bisa sedikit berbeda dari retainer hawley. Diskusikan dengan dokter gigi Anda cara terbaik untuk merawat retainer tersebut agar tidak cepat rusak.

 

Cara merawat retainer gigi

Selain rutin membersihkan retainer gigi, Anda juga perlu merawatnya dengan baik agar tetap higienis dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Berikut adalah beberapa cara merawat retainer gigi yang dapat Anda lakukan dari rumah:

 

Perhatikan kebersihan gigi dan mulut

Jika Anda menggunakan retainer gigi sepanjang hari, Anda harus lebih sering untuk menyikat gigi. Pasalnya, makanan dan minuman yang Anda konsumsi berisiko meninggalkan plak lebih banyak pada retainer. Apabila tidak segera dibersihkan, plak akan menumpuk dan akhirnya menimbulkan berbagai masalah gigi.

 

Beberapa dokter gigi juga akan menyarankan untuk selalu menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi, agar sisa-sisa makanan yang masih menyangkut di sela gigi dapat dihilangkan.

 

Hindari makanan yang dapat merusak retainer gigi

Pada dasarnya, Anda tetap bisa mengonsumsi berbagai macam makanan saat menggunakan retainer gigi. Namun, sebaiknya makanlah makanan dengan ukuran yang kecil untuk mengurangi usaha gigi bekerja. Misalnya, potong makanan terlebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam mulut. Pasalnya, hal ini akan memudahkan Anda untuk mengunyah.

 

Jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari

Makanan yang bertekstur keras, padat, dan sulit untuk digigit

Jagung rebus

Permen karet

Makanan yang lengket dan manis, seperti karamel

Es batu

 

Simpan diwadah yang aman

Selain cara membersihkannya, Anda juga perlu memperhatikan cara menyimpan retainer gigi, terutama jika alat tersebut hanya perlu digunakan malam hari saat tidur. Untuk retainer gigi dari bahan plastik, sebaiknya Anda tidak meletakkannya di dekat benda panas.

 

Sebab, panas bisa mengubah bentuknya. Retainer ini pun umumnya tidak boleh terlalu kering karena akan mudah retak. Jadi mungkin Anda perlu merendamnya di dalam air saat sedang tidak digunakan.

 

Harga Retainer Gigi Lepas Pasang

Kisaran Harga Retainer Gigi Lepas Pasang bisa berbeda-beda, tergantung jenisnya. Pada beberapa klinik gigi maupun rumah sakit, biaya pembuatan retainer bisa saja sudah termasuk ke dalam pembayaran awal saat Anda memulai perawatan behel. Namun, ada juga yang pembayarannya dibedakan.

 

Retainer hawley umumnya lebih murah dari clear retainer, tapi perbedaannya biasanya tidak terlalu jauh. Baik retainer hawley maupun clear retainer Lepas Pasang harganya bisa berkisar antara Rp 1.500.000-2.000.000, tergantung dari klinik dan kondisi gigi.

 

Beberapa klinik memasang harga lebih rendah atau tinggi dari rentang tersebut. Biasanya, hal ini terpengaruh dari lokasi klinik hingga kondisi gigi pasien.

 

Jika dokter mewajibkan Anda memakai retainer gigi, sebaiknya janganlah abai dalam mematuhinya. Tentu akan sangat disayangkan jika perawatan behel yang sudah dijalani bertahun-tahun rusak karena Anda malas menggunakan retainer selama beberapa bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.