Biaya Pasang Behel di Jogja untuk Jenis Behel Gigi Permanen

Biaya Pasang Behel di Jogja untuk Jenis Behel Gigi Permanen


Kali ini akan membawakan pembahasan tentang Biaya Pasang Behel di Jogja update terbaru harga atau biaya pemasangan kawat gigi di dokter gigi. Memiliki gigi yang rapi, putih, dan bersih tentu menjadi dambaan setiap orang. Efek obat-obatan yang dikonsumsi ibu kita sejak dalam kandungan dan gaya hidup ternyata membawa banyak dampak bagi gigi.

 

Pasang Behel di Jogja

Jangan khawatir jika beberapa orang terlahir dengan gigi bengkok, gigi agak maju, dan susunan gigi tidak beraturan. Beberapa orang akhirnya mematikan untuk memasang kawat gigi atau benang besi gigi untuk meluruskan giginya agar biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

 

Biaya Pasang Behel di Jogja

Ada banyak jenis perawatan ortodontik alias behel yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Berikut adalah Biaya Pasang Behel di Jogja yang sering dipasang oleh dokter ala pasien.

 

Nama rumah sakit

Biaya

RS PKU Muhammadiyah 

Mulai dari Rp9.000.000

RS PKU Muhammadiyah Gamping

Mulai dari Rp9.000.000

Siloam Hospitals 

Mulai dari Rp7.223.000

Klinik Gigi Joy Dental Gamping

Mulai dari Rp4.750.000

Klinik Gigi Joy Dental Godean

Mulai dari Rp4.750.000

Joy Dental Premium Kaliurang

Mulai dari Rp4.750.000

Klinik Gigi Joy Dental Seturan

Mulai dari Rp4.750.000

RSU Queen Latifa Kulon Progo

Mulai dari Rp3.000.000

 

Jenis atau Tipe Behel

Behel Gigi Permanen

Behel permanen adalah metode pemasangan behel pada gigi yang paling sering digunakan hingga saat ini. Behel ini akan melekat pada gigi dalam jangka waktu yang cukup lama hingga gigi selesai terkoreksi dengan baik.

 

Behel Gigi Metal (Metal Braces)

Behel metal adalah behel gigi yang paling umum digunakan orang. Behel ini terdiri dari biji-biji kecil yang menempel pada setiap gigi yang terbuat dari logam dan diperkuat dengan kawat penghubung antar biji-biji gigi. Behel metal yang terkenal memiliki kualitas yang baik adalah behel metal buatan Amerika dan Jerman. Behel metal ini dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa menimbulkan karat pada behel.

 

Behel Gigi Lepasan

Behel gigi lepasan adalah behel pada gigi yang tidak melekat terhadap gigi dan dapat dilepas atau dipasang kembali sewaktu-waktu.

Behel ini berupa penampang plastik yang dicetak sesuai bentuk rahang dan gigi pemakainya serta dipasang pada beberapa gigi hingga menutup langit-langit mulut. Behel lepasan biasanya digunakan untuk kasus ringan.

 

Ketentuan Pasang Behel di Jogja

  1. Konsultasi dengan dokter baru untuk melihat apakah pasien harus memakai kawat gigi atau tidak.
  2. Scaling, yang bertujuan untuk membersihkan bam dari baham yang mengganggu.
  3. Rontgen dan kesan gigi, untuk mengetahui faktor-faktor yang akan melambungkan cara perawatan dengan kawat gigi. Selain itu, pasien juga akan diberikan model bahan dari bahan cetak sebagai panduan untuk perawatan dan informasi tentang awal mula gigi.
  4. Lepas baham dan solder gigi, cara ini dilakukan agar pemasangan behel mendapatkan hasil yang maksimal, namun dengan melihat beberapa hal terlebih dahulu.
  5. Pemasangan behel, biasanya memakan waktu 1-2 jam, tergantung tingkat kesulitannya.
  6. Pemeriksaan rutin dianjurkan untuk setiap pasien yang memasang kawat gigi, setidaknya sebulan sekali, untuk mengetahui tentang kawat gigi. Dalam kontrol ini, dokter biasanya akan mencoba sesuatu yang baru dan mengganti karet behel.

 

Harga Pasang Kawat Gigi di Jogja

Memang biaya pemasangan behel di puskesmas bisa di kata lebih murah dari pada di klinik atau RS spesialis gigi. Bahkan di puskesmas puskesmas sendiri bisa mencapai setengah harga dari di klinik atau RS.

 

Misal jika di klinik atau RS bisa sampai Rp 5 juta, maka di puskesmas hanya dikenakan ongkos, tarif atau biaya Rp 2 – 2,5 juta saja. Tentu angka tersebut, sangat miring jika dibandingkan pasang di klinik atau RS.

 

Namun, pasang behel di puskesmas membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup luang. Karena bisa di kata, pasang behel di puskesmas harus melewati beberapa prosedur panjang untuk bisa ke tahap pemasangan.

 

Penutup

Oh ya, pasang behel sendiri tidak masuk ke dalam penyakit yang ditanggung Bpjs. Karena ini merupakan tindakan untuk mempercantik diri. Jadi, biaya atau tarif tersebut sepenuhnya akan ditanggung pasien atau Pasang Behel.

 

Demikian ulasan artikel yang kami buat Biaya Pasang Behel di Jogja, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.