Harga Scaling Gigi Di Puskesmas Jauh Lebih Terjangkau

Harga Scaling Gigi Di Puskesmas Jauh Lebih Terjangkau

Harga scaling gigi di Puskesmas, meskipun menyikat gigi setiap hari, termasuk menyikat gigi sebelum tidur, sebenarnya tidak cukup untuk membersihkan gigi dari karang gigi.

 

Bukan karena buruknya kualitas sikat gigi yang kita gunakan, melainkan kotoran dari sisa makanan yang kita konsumsi setiap hari dan gaya hidup yang tidak sehat yang mengakibatkan penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan karang gigi di sela-sela gigi kita.

 

Harga Scaling Gigi Di Puskesmas

Jika karang gigi tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan gigi berlubang dan bau mulut.

 

Untuk membersihkan karang gigi kita membutuhkan Harga Scaling Gigi di Puskesmas dan alat pembersih khusus karang gigi, karena jika hanya memiliki sikat gigi atau benang gigi (dental floss) tentunya tidak bisa membersihkan karang gigi di sela-sela gigi secara maksimal. .

 

Scaling Gigi Murah di Bandung Family Dental Care Bandung

Untuk membersihkan karang gigi kita membutuhkan perawatan khusus yaitu dengan bantuan dokter gigi. Nantinya karang gigi dibersihkan menggunakan alat khusus atau yang disebut dengan scaling.

 

Biaya Scaling Gigi di Puskesmas

Harap dicatat bahwa scaling atau pembersihan karang gigi harus dilakukan setidaknya setiap 6 bulan sekali. Bahkan untuk beberapa kasus khusus, penskalaan harus dilakukan setiap 3 bulan sekali.

 

Harga scaling gigi di puskesmas Tahun 2018 jauh lebih terjangkau, untuk peserta BPJS iurannya gratis setahun sekali, sedangkan untuk masyarakat umum biayanya antara Rp. 80 ribu menjadi Rp. 150 ribu.

 

Proses pembersihan karang gigi akan memakan waktu sekitar 30 menit atau lebih tergantung dari tingkat keparahan karang gigi yang bersarang di gigi Anda. Jika karang gigi sedikit dan posisinya mudah dijangkau oleh dokter gigi, hanya butuh waktu 30 menit untuk membersihkan gigi.

 

Proses pembersihan karang gigi ini memang sedikit menyakitkan karena gigi anda akan dibersihkan menggunakan alat khusus dan biasanya pada saat proses pembersihan gusi anda akan terkena alat tersebut sehingga sedikit mengeluarkan darah.

 

Saat ini, hampir semua fasilitas kesehatan, baik rumah sakit, klinik, maupun puskesmas, sudah mampu memberikan perawatan gigi seperti scaling. Bahkan jika Anda menjadi anggota BPJS Kesehatan, Anda bisa mendapatkan layanan penskalaan gratis di fasilitas kesehatan yang telah terdaftar di kartu BPJS Kesehatan Anda.

 

Namun, jika Anda bukan peserta BPJS, Anda juga bisa melakukan scaling di rumah sakit atau puskesmas. Biayanya pun tidak terlalu mahal mulai dari Rp. 100.000.

 

Nah untuk informasi lengkap mengenai harga scaling gigi di puskesmas dan klinik, berikut informasinya:

 

Faskes  Kisaran Biaya
BPJS Kesehatan Gratis (1 tahun sekali)
Puskesmas Rp 80 ribuan sampai Rp 150 ribuan
Klinik Gigi Swasta Rp 200 ribuan sampai Rp 800 ribuan
Rumah Sakit Rp 80 ribuan sampai Rp 800 ribuan

 

Biaya Bleaching Gigi di Puskesmas yang Aman Tidak Beresiko

Pendaftaran Dulu Di Puskesmas

Karena baru pertama kali datang ke Puskesmas, jadi berbekal rasa putus asa dan bertanya-tanya, saya pun bertanya kepada mas yang ada di meja pelayanan.

 

Nah ternyata… untuk bisa mengakses pelayanan di Puskesmas, kita harus punya kartu Puskesmas dulu. dan untuk persyaratan yang harus kita lengkapi:

  • KK
  • KTP
  • BPJS (kalau ada)

 

BPJS itu penting banget nget nget

Saya pulang ke rumah lagi untuk mengambil semuanya dan melakukan registrasi. Menurut saya pelayanannya sangat ramah, mas bertanya dengan sangat sopan perawatan seperti apa yang saya inginkan.

 

Saya juga mengatakan bahwa saya akan ke dokter gigi dan ingin membersihkan karang gigi. Ternyata lagi ternyata, ternyata pembersihan karang gigi hanya bisa dilakukan kalau kita punya BPJS (jadi guys, percaya atau tidak.

 

Padahal nggak butuh sekarang, suatu saat pasti butuh, lho). Ok, saya berencana untuk berkonsultasi dengan dokter. Antriannya cukup panjang dan menurut saya minus disini.

 

Karena dokternya hanya satu, dan cukup banyak pasien yang ingin berobat gigi sebelum jam 10 pihak Puskesmas tidak menerima pasien yang ingin berobat masalah giginya.

 

dan alhamdulillah baru jam 08.00 WIB, jadi masih bisa hehe. Kemudian saya menunggu di depan klinik gigi. Saya hanya harus bersabar karena ini adalah pertama kalinya saya di Puskesmas, jadi saya sudah mempersiapkan diri jika harus menunggu sangat lama.

 

Jadi dokter memeriksa gigi saya. Dan membersihkan karang gigi yang menusuk gusi saya. dan tiba-tiba rasa sakit itu hilang. canggih juga. tapi rasanya seperti orang ompong, kalau dijilat ya dijilat pake lidah ya?

 

Tapi kata ibu dokter kalau mau bersihin semua karang gigi harus bikin BPJS dulu. oke langsung saya urus BPJS, nah namanya juga mahasiswa ya hehe. Jadi saya urus BPJS yang tidak bayar bulanan. alias gratis.

 

Setelah 2 minggu, BPJS saya akhirnya keluar. dan dapat digunakan dengan baik. Perlu diingat bahwa kartu BPJS adalah milik pribadi yang tidak dapat dipindahtangankan.

 

Jadi walaupun anggota keluarga kita sudah memiliki kartu BPJS, kita juga harus memilikinya lho.. sakit, tidak ada yang mau guys, tapi tidak ada salahnya menjalankan program pemerintah, toh untuk diri kita sendiri juga.

 

Penutup

Biaya pembersihan karang gigi cukup bervariasi, apalagi jika ingin melakukan pembersihan karang gigi di klinik atau rumah sakit swasta. Namun menurut data yang kami terima, harga scaling gigi di Puskesmas lebih murah yaitu Puskesmas.

 

Sumber: bantuanbpjs.com dan hamilplus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.