Pembeli Kayu Jati Di Jakarta dengan Kualitas Kayu Paling Top

Pembeli Kayu Jati Di Jakarta dengan Kualitas Kayu Paling Top

Puluhan Pembeli Kayu Jati di Jakarta menumpuk di sentra kayu Jalan Pahlawan Revolusi, Klender, Jakarta Timur, belum lama ini. Situs ini tidak hanya terlihat di satu tempat tetapi di hampir setiap pusat penjualan kayu bulat di sana.

 

Menurut Suyanto, penurunan penjualan sudah terjadi sejak Agustus lalu. Setiap hari Jati Lestari hanya bisa menjual lima meter kubik kayu jati. Jumlah ini turun drastis dari biasanya 15 meter kubik (m³) per hari.

 

Pembeli Kayu Jati Di Jakarta

Padahal, pembeli Kayu Jati di Jakarta yang dijual Jati Lestari saat ini adalah kayu kelas menengah dan rendah yang dibanderol dengan harga Rp. 11 juta menjadi Rp. 20 juta per meter. Harga ini terbilang lebih murah dibandingkan kayu kelas atas yang dibanderol Rp 40 juta-Rp 50 juta per m. Toh kayu di Jati Lestari masih sulit dijual.

 

Suyanto mengatakan Jati Lestari dulu mendapatkan pasokan kayu jati dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Harga kayu selalu naik karena kalau kualitas jati yang terbaik, rayap tidak mau. Tapi karena harganya mahal, yang di dekat gapura sudah menumpuk selama tiga tahun.

Perusahaan Pembeli Kayu Jati Untuk Proyek Maupun Pribadi

Memilih Membeli Kayu Yang Lebih Murah

Menurutnya, saat ini pembeli lebih memilih membeli kayu yang lebih murah. Misalnya kayu Merbau yang dijual dengan harga Rp. 4 juta per m, dan mahoni yang harganya sekitar Rp. 5,5 juta per meter.

 

Selain itu, pembeli juga cenderung menggunakan kayu jati yang dicampur dengan bahan lain. Karena penjualan kayu jati sepi, bisnis yang berhubungan dengan jati juga lesu.

 

Uman, seorang kuli kayu jati menuturkan, minimnya pesanan kayu jati berdampak pada uang yang diperolehnya. Saat ramai, Uman bisa mengantongi Rp 400.000 dari 8 m kayu jati kepada pembeli.

 

Namun saat ini, kata Uman, tentu tidak bisa menerima permintaan angkutan. Jika seseorang membeli bingkai, saya senang.

 

Penjualan Perusahaan Kayu Jati Di Jakarta

Hal senada diungkapkan Astho Suroto, Staf Pembeli Kayu Jati di Jakarta. Perusahaan yang bergerak di industri penggergajian kayu ini setiap hari mengolah lima kubik kayu jati menjadi balok berukuran 3×3 cm. Menurut Astho, volume produksi Sejati tahun ini turun 30%-40%.

 

Untuk bertahan hidup, pada akhirnya Sejati juga mengolah kayu lain selain jati. “Pembagian jati dibatasi hanya 20%,” kata Astho. Sedangkan daya pisah kayu mahoni mencapai 70% dan kayu lainnya 10%.

 

1. Gallery Parquet

Bergerak di bidang Wood Flooring, kami adalah Perusahaan Pembeli Kayu Jati dan menjual berbagai macam produk antara lain – lantai kayu solid, parket, lantai berbahan kayu jati, merbau, bengkirai, kayu besi, sonokeling, dan lain-lain – laminate flooring, dengan berbagai motif kayu antara lain: red oak, maple.

 

Alamat: Jl. Rajawali Barat, No.39, Bandung, 40213, Bandung Jawa Barat.

 

2. Petrified Wood Art Craft

Pembeli Kayu Jati Di Jakarta kami memiliki dua divisi produksi, kayu, dan batu. Di bidang kayu, kami mengkhususkan diri dalam memproduksi furnitur (kursi, sofa, dan meja) dari akar jati dan dekorasi/ornamen dari akar jati tua alami. Di sektor batu, kami memproduksi barang-barang yang terbuat dari fosil kayu dan batu sungai (sungai).

 

Alamat: Dsn Krajan RT3 RW4 Desa Waung, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur.

 

3. Daunbuah

Kami Perusahaan Jual Kayu Jati Supplier Kayu Jati, Sengon, Meranti

Alamat: Jl. Raya Kejapanan Pasuruan, Jawa Timur.

4. Olde And New Furniture

Kami memproduksi furnitur indoor dan outdoor serta agen pembelian asing yang bekerja sama dengan kami dan juga menjual lantai kayu jati dengan harga menarik.

 

Alamat: Jl. Borobudur Selatan No.8 Semarang, Jawa Tengah.

Distributor Beras Rojolele dengan Kualitas Beras Kepala Super

5. Cahaya Surya

Kami adalah perusahaan pemula. Untuk saat ini kami memproduksi meja lipat anak dengan berbagai jenis bahan. Kepuasan Anda selalu menjadi prioritas kami.

 

Alamat: Jalan Branjangan No.3, Tj.Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Timur.

 

6. Susana Mebel

Susana Furniture adalah perusahaan yang bergerak di bidang supplier woodworking mulai dari kusen, pintu dan furniture yang bahan baku utamanya adalah KAYU JATI yang berasal dari Kab. Blora, Rembang dan Bojonegoro. Kami menjual dan menerima pesanan segala jenis furniture baik interior maupun eksterior rumah.

 

Alamat: Jl. Raya Ds. Kalipang, Kecamatan. Sarang Distrik. Rembang Rembang, Jawa Tengah.

 

7. Jati Pendem

Kami adalah penjual kayu jati resmi di kota Cepu, Jawa Tengah, kami telah menjual kayu jati sejak nenek moyang kami selama bertahun-tahun, dan saat ini kami hanya menjual kayu jati dalam bentuk kayu bulat, papan, kotak, semua dokumen resmi dan bisa kami kirim ke kota mana saja dengan catatan biaya kir.

 

Alamat: Randublatung Cepu, Jawa Tengah.

 

Penutup

Saat ini, kata Astho, karena harga Pembeli Kayu Jati di Jakarta mahal, banyak konsumen yang mengurangi penggunaan kayu jati. Misalnya hanya jendela dan pintu.

 

Suwarni, Ketua Umum Asosiasi Penggergajian dan Pertukangan Kayu Indonesia (ISWA) membenarkan adanya tren penurunan penggunaan kayu jati. Oleh karena itu, meski produksi kayu olahan bisa meningkat 10% dibandingkan tahun lalu yang mencapai sekitar 5,1 juta m³, nilainya lebih rendah.

 

Nominalnya tidak sebaik dulu karena penggunaan kayu non-jati semakin sering, kata Suwarni. Namun dengan begitu, harga produk kayu olahan, kata Suwarni, menjadi lebih terjangkau.

 

Sumber: industri.kontan.co.id dan indonetwork.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.