Pupuk Kencur Yang Bagus yang Mudah Dicari Kualitas Bagus

Pupuk Kencur Yang Bagus yang Mudah Dicari Kualitas Bagus

Saat membudidayakan/menanam kencur, maka perawatan tanaman berupa pemberian Pupuk Kencur Yang Bagus merupakan hal mutlak yang harus diterapkan oleh petani. Kencur dalam pertumbuhan dan perkembangannya perlu mendapatkan asupan gizi dari zat gizi, air, dan garam mineral.

 

Unsur hara dan garam mineral dapat diperoleh dari pupuk, sedangkan air digunakan sebagai pelarut senyawa kimia dalam pupuk agar dapat diserap secara maksimal oleh organ tanaman. Pemupukan pada tanaman kencur dilakukan pada akhir minggu ke-4 setelah penanaman awal di bedengan.

 

Pemupukan tentunya dilakukan dengan melihat indikator awal bahwa pohon kencur telah menghasilkan bentuk daun yang sempurna.

 

Pupuk Kencur Yang Bagus

Pupuk Kencur Yang Bagus seperti Air Cucian Beras. Pupuk kandang dan kompos adalah jenis pupuk organik. Jadi, sudahkah Anda memutuskan pupuk organik mana yang akan digunakan?

 

Tanaman kencur yang sudah tumbuh perlu diberi air atau disiram saat hujan tidak turun, terutama saat tanaman kencur masih muda.

 

Namun, semua jenis pupuk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi anda yang memiliki hobi berkebun pasti tahu betul bagaimana pupuk yang dibutuhkan untuk menyuburkan tanaman yang anda tanam.

 

Artinya, jenis pupuk yang baik adalah yang sudah teruji dan memiliki sertifikat dari Kementerian Pertanian. Kencur merupakan salah satu tumbuhan kecil yang dapat hidup dengan cara mengelompok dan berkembang secara mendatar secara merata di atas tanah.

Distributor Rempah-Rempah di Jakarta Bisa Menerima Eceran

Cara Membuat Pupuk Organik dari Kotoran Kambing Pupuk organik merupakan sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesuburan dan gembur lahan pertanian.

 

Pencabutan dapat dilakukan minimal sebulan sekali. Karena sebuah pupuk organik bisa dikatakan berkualitas jika telah lolos uji kelayakan dari para ahlinya. Kencur merupakan tanaman rimpang yang dapat tumbuh subur di dataran rendah atau pegunungan yang memiliki tanah gembur dengan kadar air yang tidak terlalu banyak.

 

Salah satu penanganannya adalah dengan memberikan pupuk yang tepat agar tanaman dapat tumbuh dan berbuah. Pupuk Sawit Bagus Sleman Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak perlu pemupukan dengan pupuk kimia karena akan dikonsumsi sendiri dan juga sangat mencukupi karena sudah diberi pupuk kandang atau kompos.

 

Jenis Pupuk Kencur Yang Bagus

Jenis Pupuk Kencur Yang Bagus dan Berkualitas (diberlakukan pada akhir minggu ke-4) untuk satu hektar lahan adalah:

  1. Pupuk Urea sebanyak 75 kg
  2. Pupuk TSP 200 kg
  3. Pupuk KCl 100 kg

Dan ketika pohon kencur berumur 3 bulan ke atas, dipupuk lagi dengan 75 kg pupuk Urea

Pada umur 5 bulan pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan jenis pupuk NPK apa saja, misalnya pupuk NPK mutiara/phonska (sebanyak 30 kg).

 

Sebaiknya waktu pemupukan tanaman kencur dilakukan pada sore hari menjelang sore hari (pkl.14.00-18.00 waktu setempat). Aplikasi Pupuk Kencur yang Baik adalah dengan menebarkannya ke bedengan tempat tanaman kencur tumbuh.

 

Cara-Cara Tepat Menanam Kencur Yang Benar

1. Pembenihan Kencur

Biji kencur biasanya diperoleh dari rimpang kencur yang sudah tua, namun tetap terlihat segar. Untuk menanam tanaman kencur dalam skala taman, alangkah baiknya menyimpan rimpang di tempat yang tidak terlalu terang dan agak gelap, sampai rimpangnya bertunas.

 

Hal ini dilakukan agar ketika ditanam di lahan kencur bisa tumbuh dengan mudah. Waktu yang tepat untuk menanam sebaiknya pada awal musim hujan karena air hujan akan berguna dalam proses pertumbuhan tunas tersebut.

 

Biji kencur diambil dari rimpang yang sudah cukup tua. Rimpang disimpan di tempat gelap untuk melepaskan tunas baru. Tanaman kencur bisa ditanam di beberapa tempat, seperti di pot atau lahan yang cukup mendapat sinar matahari, dan tempat yang tidak terlalu basah atau terbuka.

 

Dalam hal biji, Anda harus memilih rimpang yang ada di bagian paling akhir. Rimpang yang baik adalah rimpang tanaman yang cukup tua, dan hindari rimpang tanaman muda.

 

Dari tanaman kencur diharapkan selama 1-2 minggu rimpang akan bertunas dan dapat tumbuh. Pertumbuhan rimpang pada awalnya membutuhkan kelembaban udara pada tingkat yang cukup tinggi.

 

2. Persiapan Tempat Kencur

Tanah yang akan digunakan untuk menanam kencur perlu disiapkan dengan cara menggemburkan tanah. Tanah diharapkan sedalam 20-30 cm dan drainase dilakukan dengan baik sehingga tidak ada genangan air di tanah.

 

Agar ini berfungsi dengan baik, parit diperlukan untuk memisahkan plot. Kavling dibuat teratur dengan lebar 2-3 meter, dan panjang petak dapat disesuaikan dengan kondisi lahan.

 

3. Jarak Tanaman Kencur

Tanaman yang terlihat bagus perlu diperhatikan dalam menanam kencur, agar tanaman dapat ditanam dengan rapi dan teratur, dapat dilakukan dengan memberikan jarak tanam sekitar 80 cm x 40 cm agar kencur yang akan dipanen tua.

 

Kemudian benih ditanam hingga kedalaman 5-7 cm dan pucuk menghadap ke atas. Jangan meletakkan pucuk terbalik, karena ini akan memperlambat pertumbuhannya.

 

4. Pemberian Pupuk Kencur

Pupuk berguna untuk pertumbuhan tanaman yang lebih baik dan mendapatkan hasil yang maksimal, dalam menanam kencur perlu diberikan pupuk. Hal ini dapat membantu tanah yang ditanami kencur menjadi gembur dan subur.

 

Pupuk Kencur Yang Bagus dapat digunakan seperti pupuk kandang, yang dapat membantu menyediakan unsur hara organik dan memperbaiki struktur tanah. Aplikasi pupuk kandang atau pupuk organik dapat dilakukan pada saat tanah dicangkul atau pada saat pengolahan.

 

Caranya campurkan pupuk dengan tanah hingga halus agar pupuk dapat meresap dan dapat memberikan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanah selain itu dapat digunakan untuk membuat struktur tanah menjadi lebih baik.

8 Distributor Herbal Terbesar di Indonesia Yang Terpercaya

Selain pupuk kandang atau pupuk organik di atas, Anda juga bisa memberikannya pupuk buatan seperti pupuk urea, pupuk TSP, dan pupuk KCL. Anda bisa memberikan pupuk Urea dan KCL sebanyak dua kali, dan setengahnya lagi bisa digunakan saat tanam, dan sisanya digunakan saat tanaman kencur berumur 45 hari.

 

Dalam pemberian pupuk, takaran pupuk TSP digunakan pada saat tanam. Pada tanah yang subur, dosis pemupukan dapat dikurangi.

 

5. Pemeliharaan Kencur

Pemeliharaan dan perawatan yang perlu dilakukan antara lain pemberian mulsa, penyiangan, pemupukan, dan penggemburan tanah.

 

Mulsa

Mulsa atau menutupi tanah dengan jerami atau menggunakan ampas tebu juga diperlukan.

 

Penyiangan

Penyiangan dilakukan pada saat tanaman sudah memasuki minggu ke-2 sampai ke-4 setelah masa tanam atau tergantung keadaan areal tanam.

 

Pemupukan

Pemupukan dilakukan saat tanaman memiliki daun sempurna atau sekitar minggu ke-4 dengan dosis Urea 75 kilogram, KCL 100 kilogram, dan TSP 200 kilogram. Kemudian pada umur tanaman, sekitar 3 bulan dilakukan pemupukan ii, tanaman hanya diberikan urea dengan dosis 75 kilogram.

 

Mengasapi

Penggemburan dilakukan kembali bersamaan dengan pemupukan kedua yaitu pada tanaman berumur sekitar 3 bulan.

 

Pengendalian Hama

Menanam tanaman pasti mengundang hama yang mengganggu tanaman. Hama yang sering menyerang tanaman kencur yaitu ulat yang memakan daun, ulat ini biasa disebut dengan ulat diocles dan udas pesfolus yang menyerang kencur dengan cara menggerogoti daun.

 

Hal yang dapat dilakukan jika ulat yang menyerang masih dalam jumlah sedikit yaitu dapat dibasmi dengan cara manual yaitu menangkap ulat dan membunuhnya.

 

Namun jika ulat yang menyerang sudah cukup berat, Anda bisa membasminya dengan menggunakan insektisida, seperti Nogos 50 ectype. Dalam penggunaan insektisida harus sesuai dengan petunjuk dan dosis yang telah tertera pada kemasan.

 

6. Panen Kencur

Panen dapat dilakukan setelah tanaman berumur 8-12 bulan. Caranya adalah dengan mencabut tanaman kencur sampai akar rimpangnya keluar. Anda bisa menariknya langsung dengan tangan atau menggunakan alat seperti sekop kecil atau sabit.

 

Mendapatkan hasil dari kerja keras yang telah dilakukan sangat memuaskan. Tanaman kencur bisa dipanen setelah tanaman berumur sekitar 8-12 bulan, atau saat musim kemarau tiba.

 

Ketika musim kemarau datang, tanaman kencur akan mati, dan pada musim hujan akan hidup kembali. Saat tanaman kencur mati, barulah kencur bisa dipanen.

 

Cara memanennya adalah dengan membongkar semua tanaman dan rimpang kencur yang sudah dipanen dibersihkan dari tanah yang menempel. Dan rimpang kencur siap digunakan.

 

Penutup

Dengan Pupuk Kencur Yang Bagus seperti takaran di atas, maka saya jamin tanaman kencur yang ditanam akan semakin bagus. Dengan begitu, produktivitas panen kencur akan maksimal. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: tipspetani.com, kamuskartu.co, dan lampung.litbang.pertanian.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.