Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang Paling Murah 100 Ribuan

Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang Paling Murah 100 Ribuan

Assalamu’alaikum Dok, saya mau tanya tentang Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang yang ingin saya cabut apakah beresiko atau tidak? Dan untuk biaya pencabutan gigi kesayangan graham, berapa kisarannya?

 

Kondisi lubangnya cukup parah, hampir mengenai saraf, tapi sekarang sudah tidak sakit dan nyeri lagi. Terima kasih telah menanyakan tentang biaya menghilangkan gigi berlubang melalui fitur Tanya Dokter.

 

Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang

Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang dari gigi geraham bisa sangat bervariasi dari satu dokter/klinik ke dokter/klinik lainnya. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa menanyakannya pada bagian pendaftaran atau administrasi klinik yang Anda tuju.

 

Untuk menekan biaya, Anda juga bisa memeriksakan kondisi gigi Anda di Puskesmas terdekat di wilayah Anda. Sebagai gambaran, Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang di klinik swasta di kawasan Jakarta Selatan berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 1 juta.

 

Sedangkan Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang yang terkena bervariasi tergantung dari rumah sakit atau klinik yang melakukan layanan operasi atau adenektomi. Sebagai gambaran untuk Anda, biayanya berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 4.000.000 atau lebih.

 

Banyak rumah sakit atau klinik yang menyediakan layanan omentektomi, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta, bahkan rumah sakit pendidikan di fakultas kedokteran menyediakan perawatan ini dengan biaya yang lebih murah.

 

Selain dokter gigi spesialis bedah mulut, dokter gigi umum juga bisa melakukan operasi omentektomi ini. Dapatkan informasi sebanyak mungkin sebelum Anda melakukan pencabutan gigi bungsu, agar mendapatkan perawatan yang memuaskan.

Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang Paling Murah 100 Ribuan
Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang

Gigi geraham merupakan gigi yang penting saat mengunyah. Karena struktur giginya yang besar dan kuat berfungsi untuk menggiling makanan. Namun, karena terletak di bagian belakang, sering kali sisa makanan terlepas dan menyebabkan gigi berlubang.

 

Ketakutan untuk pergi ke dokter gigi akan menyebabkan seseorang enggan untuk pergi ke dokter gigi dan merasa giginya sehat asalkan tidak sakit padahal jelas-jelas berlubang.

 

Dokter gigi akan berusaha menambal gigi yang berlubang, namun jika lubangnya sangat besar dan tidak bisa ditambal, maka gigi tersebut harus dicabut. Estimasi Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang sekitar Rp 500.000/gigi.

 

Jika gigi geraham yang anda maksud adalah gigi geraham bungsu yaitu gigi geraham ketiga yang sering mengalami masalah akibat tumbuh bengkok (impaksi), maka pencabutan gigi geraham bungsu ini memerlukan biaya minimal Rp 1.000.000 per gigi, tergantung fasilitas kesehatan masing-masing.

 

Saat ini yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan gigi dengan rutin menyikat gigi dan menghindari makanan manis dan lengket agar gigi tidak mudah berlubang. Dan konsultasikan ke dokter gigi untuk penanganan terbaik.

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai biaya menghilangkan gigi berlubang, semoga bermanfaat.

 

Jika Anda memiliki gigi berlubang yang sakit atau terinfeksi, sebaiknya Anda menemui dokter gigi untuk mendapatkan perawatan.

 

Dokter gigi akan menilai kondisi gigi Anda dan memberikan saran terbaik tentang cara terbaik untuk merawatnya. Beberapa pilihan perawatan yang mungkin ditawarkan termasuk pencabutan gigi, pengisian atau penggantian mahkota gigi, atau operasi saluran akar.

 

Jika Anda memutuskan untuk melakukan pencabutan gigi, dokter gigi Anda akan mengatur jadwal untuk melakukan prosedur tersebut dengan aman dan efektif. Setelah pencabutan, dokter gigi Anda dapat merekomendasikan pemasangan implan gigi atau pontik (gigi palsu) untuk menggantikan gigi yang hilang.

 

Proses pencabutan gigi geraham dikenal dengan istilah omentectomy. Jika masalah yang timbul akibat tumbuhnya gigi geraham masih dalam batas wajar, konsultasi ke dokter gigi umum sudah cukup.

 

Namun, jika masalah gigi Anda cukup pelik dan mengganggu aktivitas Anda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah mulut untuk penanganan lebih lanjut.

 

Biaya cabut gigi geraham

Setiap rumah sakit dan klinik tentunya memiliki biaya yang berbeda untuk menghilangkan gigi geraham. Berikut daftar Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang yang berlaku di beberapa rumah sakit berdasarkan informasi dari Alodokter.

 

Rasanya Cabut Gigi Geraham Bawah Hilang Dalam 1 Minggu

Biaya cabut gigi geraham di rumah sakit

Rumah Sakit Biaya cabut gigi geraham
Eka Hospital BSD Mulai dari Rp490.000
Eka Hospital Bekasi Mulai dari Rp405.000
Eka Hospital Cibubur Mulai dari Rp460.000
RS Hermina Pekanbaru Mulai dari Rp309.000
RS Pelni Mulai dari Rp236.000
Columbia Asia Hospital Medan Mulai dari Rp343.519
Siloam Hospital Bogor Mulai dari Rp300.000
MRCCC Siloam Hospital Semanggi Mulai dari Rp375.000
RSIA Cinta Kasih Mulai dari Rp100.000
Mitra Keluarga Kemayoran Mulai dari Rp350.000
RS Mulia Pajajaran Mulai dari Rp100.000
Mayapada Hospital Tangerang Mulai dari Rp421.000
RS Brawijaya Saharjo Mulai dari Rp350.000
RS EMC Tangerang Mulai dari Rp234.000
RS Medika Dramaga Bogor Mulai dari Rp204.000
RSU Bunda Margonda Mulai dari Rp250.000
RS Citra Arafiq Mulai dari Rp150.000
RS Yadika Kebayoran Lama Mulai dari Rp107.813
RS Gigi dan Mulut YARSI Mulai dari Rp110.000
Mayapada Hospital Jakarta Selatan Mulai dari Rp410.000

 

Biaya cabut gigi geraham di Puskesmas

Untuk mendapatkan harga yang murah, Anda juga bisa mencabut gigi bungsu di Puskesmas.

 

Khusus untuk pasien BPJS Kesehatan, harga cabut gigi bungsu di Puskesmas tidak dipungut biaya. Semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

 

Namun, jika tidak memiliki BPJS Kesehatan, biaya yang dikeluarkan relatif murah dibandingkan dengan pencabutan gigi bungsu di rumah sakit atau klinik. Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang di Puskesmas sekitar Rp 100.000 hingga Rp 1 juta.

 

Untuk memastikannya, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu ke puskesmas terdekat untuk menyiapkan biayanya. Harga di atas biasanya belum termasuk biaya konsultasi dan administrasi. Jika keluhan yang Anda alami ada pada gigi bungsu, biasanya biayanya akan lebih mahal lagi yaitu mencapai Rp 1-2 juta.

 

Biaya pencabutan gigi bungsu atau gigi belakang juga dapat berubah sewaktu-waktu dan tergantung dari berapa banyak tindakan yang diperlukan oleh dokter selama merawat Anda.

 

Penyebab biaya cabut gigi geraham makin mahal

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang yang akan Anda keluarkan menjadi lebih mahal. Tak heran jika banyak orang yang akhirnya mencari cara mengatasi gigi impaksi tanpa operasi.

 

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan biaya cabut gigi geraham menjadi lebih mahal.

  1. Kondisi gigi bungsu sudah rapuh sehingga sulit untuk dicabut
  2. Posisi gigi bungsu terlalu dekat dengan saraf lain di rahang bawah sehingga proses pencabutan yang sedang berlangsung bisa berisiko merusak saraf tersebut.
  3. Pada gigi geraham kedua ditemukan kasus bahwa gigi geraham kedua terletak di depan gigi geraham bungsu miring. Hal ini dapat mempersempit akses pencabutan gigi bungsu.
  4. Riwayat kesehatan pasien seperti hipertensi, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit kronis lainnya juga mempengaruhi mahalnya biaya pencabutan gigi geraham.

 

Mengingat biaya pencabutan gigi geraham tidaklah murah, apalagi jika Anda memiliki masalah pada gigi bungsu, sebaiknya Anda segera mencari asuransi terbaik yang dapat menanggung biaya pencabutan gigi geraham Anda. Dengan demikian, keuangan Anda akan terlindungi.

 

Cabut Gigi Geraham Atas Paling Belakang Yang Tumbuh Miring

Adakah efek samping setelah mencabut gigi?

Seperti halnya perawatan atau pengobatan lain, tentunya pencabutan gigi atau operasi pada gigi akan menimbulkan beberapa efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin Anda rasakan.

 

1. Masih merasakan nyeri dan sakit

Dalam beberapa kasus, bagian luar gigi akan memar dan bengkak. Hal itu terjadi karena selama proses pencabutan, rahang dan pipi harus diangkat selama beberapa jam.

 

Anda masih akan merasakan memar setelah operasi selama sekitar dua minggu. Rasa sakit inilah yang membuat banyak orang merasa trauma dan enggan untuk mencabut giginya.

 

Sebenarnya rasa sakit dan nyeri yang akan Anda alami tentu berbeda dengan pasien lainnya bukan? Sakit dan nyeri ini tergantung dari tingkat kesulitan tindakan yang akan dialami oleh dokter.

 

2. Infeksi

Biasanya, infeksi pasca pencabutan dan operasi gigi akan dialami oleh penderita diabetes, HIV, kanker, atau obat cangkok ginjal. Infeksi pasca pencabutan dan operasi gigi juga lebih buruk bagi perokok dan orang yang tidak merawat gigi dengan baik setelah pencabutan.

 

3. Terjadi pendarahan hebat

Pendarahan terjadi beberapa jam setelah gigi dicabut. Ini karena adrenalin dalam obat bius mengering menyebabkan pembuluh darah terbuka kembali dan berdarah.

 

Jika terasa demam, menggigil, atau kemerahan, sulit menelan, terutama saat makan dan minum setelah pencabutan gigi dan operasi. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

 

Penutup

Biaya Cabut Gigi Geraham Berlubang tentu berbeda antara satu rumah sakit atau klinik dengan yang lain. Biasanya tergantung gigi geraham mana yang akan dicabut. Gigi bungsu biasanya harganya lebih mahal daripada gigi geraham pertama dan kedua.

 

Sumber: sehatq.com, lifepal.co.id dan m.klikdokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *